Bagaimana Melakukan PR: Panduan Utama untuk Hubungan Masyarakat di tahun 2023

Public Relations

Temukan cara melakukan PR dan menggunakan hubungan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendorong lalu lintas kampanye.

Hubungan masyarakat berjalan di antara kreativitas, persuasi, dan strategi. Jika Anda tahu cara melakukan PR, Anda dapat memengaruhi setiap bagian dari bisnis atau merek.

Apakah Anda ingin memperluas jangkauan merek Anda? Apakah Anda ingin memperkenalkan bisnis Anda kepada orang-orang baru yang mungkin ingin mencoba produk atau layanan Anda?

Selamat datang di dunia PR.

Apa itu hubungan masyarakat?


Public relations (PR) adalah praktik menggunakan saluran media untuk mempromosikan organisasi Anda dan menumbuhkan persepsi publik yang positif. PR juga merupakan proses mengelola merek dan komunikasi organisasi Anda — terutama di saat krisis.

PR adalah bagaimana merek mengelola penyebaran informasinya, jadi mirip dengan branding. Perbedaan utamanya adalah PR berfokus pada komunikasi dan reputasi, sedangkan branding bergantung pada elemen visual seperti logo, situs web, dan materi pemasaran.

Mengapa Humas itu penting?


Humas (Hubungan masyarakat) mendefinisikan bagaimana sebuah perusahaan berkomunikasi dengan orang - pelanggan, mitra, jurnalis, politisi, dan masyarakat umum.

Semua bisnis membutuhkan hubungan masyarakat, terlepas dari ukuran atau industrinya.

Profesional hubungan masyarakat adalah pendongeng ahli. Mereka menemukan strategi untuk menyampaikan cerita Anda kepada orang-orang yang ingin Anda lihat, di media yang membangun kepercayaan.

Mengapa? Karena, saat ini, pelanggan ingin memercayai merek yang mereka ajak berbisnis — dan tidak ada yang membangun dan memupuk kepercayaan seperti hubungan masyarakat.

Apa itu strategi PR?


Strategi PR membantu bisnis menciptakan, mengatur, dan mengukur keefektifan taktik PR-nya dari waktu ke waktu. Ini terpisah dari rencana pemasaran tetapi harus mendukung upaya pemasaran.

Strategi hubungan masyarakat dapat mencakup kampanye selama setahun penuh atau menangani satu tujuan, seperti peluncuran produk.

Mengembangkan strategi PR otentik membutuhkan pendekatan kolaboratif untuk komunikasi. Berbagi sudut pandang tentang perubahan iklim, keragaman, kesetaraan, dan inklusi bukan lagi pilihan bagi merek.

Komunikasi internal dan karyawan juga memainkan peran yang lebih penting. 46% profesional PR pada tahun 2021 melapor langsung kepada CEO mereka, naik dari 34% pada tahun 2014. Angka ini menunjukkan semakin pentingnya PR dalam operasi bisnis dan persepsi merek.

Sangat mudah untuk memanfaatkan peluang satu kali untuk perhatian media. Namun jika ingin mengetahui bagaimana melakukan PR yang benar, mulailah dengan strategi PR.

Bagaimana Membangun Strategi PR?


1. Teliti faktor merek internal dan eksternal


Mulailah dengan apa yang berjalan baik di masa lalu untuk bisnis Anda, dan upaya apa yang tidak berhasil. Ini dapat mencakup:
  • Data media pelacakan
  • Meninjau hubungan dan hasil influencer
  • Mengevaluasi keterlibatan media sosial dan lalu lintas KPI
  • Tinjau persona pembeli dan wawasan pelanggan

Selanjutnya, lakukan beberapa analisis kompetitif untuk mencari tahu apa yang terbaik untuk bisnis lain di industri Anda. Alat pendengar sosial dapat membantu mempercepat proses ini.

Saat Anda menutup penelitian, buat daftar faktor internal atau eksternal yang dapat berdampak pada merek Anda. Ini mungkin termasuk:
  • Perubahan fitur, produk, atau harga
  • Pergeseran distribusi
  • Stakeholder dan perubahan kepemimpinan
  • Sentimen karyawan
  • Faktor hukumIklim politik
  • Pergeseran ekonomi
  • Tren
  • Kemajuan teknologi

2. Garis besar tujuan Anda


wanita membentangkan meteran

Anda mungkin tergoda untuk melompat ke taktik yang Anda perhatikan selama penelitian, tetapi pertama-tama, putuskan tujuan. Apakah Anda menangani krisis lokal atau merencanakan pembangunan citra PR selama satu tahun, langkah ini sangat penting.

Garis besar tujuan yang singkat pun sudah cukup untuk mengarahkan Anda dan tim ke arah taktik yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus disertakan dalam setiap rencana PR. Pertama, putuskan siapa target audiens Anda untuk setiap kampanye.

Selanjutnya, pilih pesan utama yang ingin Anda komunikasikan kepada audiens tersebut.

Terakhir, jangan lupa sertakan metrik yang ingin Anda lacak.

Pelacakan Analytics harus menjadi bagian dari penyiapan kampanye, bukan sesuatu yang Anda tambahkan setelah kampanye diluncurkan.

Membentuk fondasi yang kuat untuk hubungan masyarakat Anda akan memungkinkan kesuksesan Anda lebih baik daripada upaya satu kali. Cobalah untuk menjadikan setiap sasaran sebagai sasaran yang SMART.

Template rencana PR ini dapat membantu Anda memastikan bahwa strategi Anda mencakup pesan utama dan sasaran lainnya.

3. Buat garis waktu untuk kampanye PR Anda


Keberhasilan PR bergantung pada pesan yang tepat pada waktu yang tepat. Jadi, buat kalender yang jelas untuk inisiatif jangka pendek dan jangka panjang.

Pastikan untuk mencatat hari libur umum dan tanggal industri penting. Misalnya, akhir November adalah waktu yang penting bagi sebagian besar bisnis e-niaga.

4. Pilih taktik PR yang tepat


Setelah Anda tahu kapan dan mengapa, inilah saatnya menentukan taktik mana yang terbaik untuk diterapkan pada strategi Anda. Daftar lengkap ini memecah taktik hubungan masyarakat yang berguna. Mungkin juga membantu untuk melihat beberapa contoh PR untuk mendapatkan inspirasi.

5. Lacak hasil Anda


Setelah Anda memutuskan taktik, putuskan bagaimana Anda akan mengukur hasil. Hubungan masyarakat bukanlah ilmu pasti, dan mengukur persepsi bisa jadi rumit. Kapan pun memungkinkan, selaraskan metrik PR Anda dengan sasaran bisnis. Ini dapat membantu Anda menggambarkan hubungan yang jelas antara upaya hubungan masyarakat dan ROI.

Catatan penting: Seorang manajer hubungan masyarakat sering mengarahkan strategi seputar media yang diperoleh. Tapi mereka bisa lebih efektif dengan strategi multisaluran, menghubungkan topik yang tepat ke audiens yang tepat.

Merek mengelola PR mereka — atau komunikasi dan reputasi — melalui berbagai saluran media. Strategi hubungan masyarakat yang hebat biasanya mencakup tiga jenis media.

Media: Dimiliki vs Dibayar vs Diperoleh


Jenis-jenis PR, yang akan segera kita ulas, terbagi dalam tiga kategori utama: media yang dimiliki, dibayar, dan diperoleh. Setiap jenis bekerja menuju tujuan yang sama untuk membangun reputasi merek yang positif, tetapi mereka menggunakan strategi yang berbeda untuk mencapainya.

Strategi PR Anda harus mencakup ketiganya, karena semuanya memberikan cara berbeda untuk menjangkau, melibatkan, dan membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

1. Media yang dimiliki


Media yang dimiliki adalah konten apa pun yang dikontrol oleh bisnis Anda. Ini sering menjadi strategi masuk untuk bisnis yang ingin membangun kampanye PR.

"Memang benar, karena ini bisa dibilang merupakan jenis media terkait PR yang paling penting yang harus Anda fokuskan. Ini karena Anda memiliki kendali penuh — tidak seperti dua taktik media lainnya.

Media yang dimiliki meliputi:
  • Posting media sosial
  • Konten blog
  • Salinan situs web
  • Buletin email

Media yang dimiliki bertindak sebagai "home base" untuk aktivitas PR Anda. Saat orang menulis tentang merek atau produk Anda, kemungkinan besar mereka akan mereferensikan (yaitu tautan ke) media milik Anda dalam liputan mereka.

2. Media berbayar


Tidak jarang membayar untuk mempromosikan konten Anda di dunia pemasaran, dan tidak ada bedanya dengan PR.

Media berbayar mengacu pada pembayaran untuk membuat konten Anda terlihat. Ini adalah praktik standar untuk mempromosikan media yang dimiliki.

Media berbayar meliputi:
  • Iklan media sosial
  • Pemasaran influencer
  • Bayar per klik (PPC)

Menempatkan sejumlah dana untuk meningkatkan konten PR menjadi semakin populer. Karena sebagian besar platform sosial mengurangi jangkauan organik untuk akun bisnis, media berbayar adalah cara yang bagus untuk memastikan konten Anda ditampilkan kepada orang yang ingin Anda lihat.

3. Media yang diperoleh


Media yang diperoleh adalah taktik yang digunakan untuk meningkatkan percakapan seputar merek Anda. Ini pada dasarnya dari mulut ke mulut dan bisa dibilang merupakan taktik PR terbaik untuk membangun reputasi Anda.

Media yang diperoleh adalah jenis media PR yang paling sulit didapatkan. Dibutuhkan banyak usaha, konsistensi, dan kerja keras untuk membangunnya — itulah mengapa itu "diperoleh".

Media yang diperoleh meliputi:
  • Disebutkan dalam berita dan ulasan industri
  • Pujian dari pelanggan di media sosial
  • Peringkat tinggi di mesin pencari

Semua jalur media ini menyediakan cara untuk menggunakan PR untuk membangun kesadaran merek, menghasilkan prospek, dan mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan yang membayar — serupa dengan pemasaran Anda. Sekarang, mari kita bahas perbedaannya.

Hubungan Masyarakat vs Pemasaran


Hubungan masyarakat dan pemasaran serupa dalam tindakan dan taktik mereka, tetapi tujuan mereka sangat berbeda. Tujuan utama PR adalah untuk meningkatkan reputasi merek Anda. Di sisi lain, tujuan utama pemasaran adalah untuk mendorong penjualan.

Tidak seperti pemasaran, PR tidak selalu berdampak pada penjualan. Biasanya secara tidak langsung mempromosikan produk atau layanan Anda melalui aktivitas seperti distribusi siaran pers dan berbicara di acara industri. Alternatifnya, alih-alih meningkatkan persepsi bisnis Anda, kampanye pemasaran berfokus pada mendorong pendapatan dan meningkatkan laba.

Orang tidak membeli produk, mereka membeli merek. Untuk alasan ini, menggunakan PR dan pemasaran secara bersamaan mendorong hasil terbaik: biasanya, seseorang terhubung dengan merek Anda sebagai hasil dari upaya PR Anda dan berubah menjadi pelanggan sebagai hasil dari taktik pemasaran Anda.

Misalnya, 33% pemasar menggunakan media berbayar pada tahun 2021 untuk meningkatkan kesadaran merek.

Sekarang, mari kita bahas jenis PR yang dapat Anda gunakan saat mempromosikan organisasi dan membangun serta mengelola reputasi Anda.

Strategi dan Taktik PR


1. Acara Bisnis


Acara bisnis adalah peluang untuk memasarkan produk atau layanan Anda dan mendapatkan eksposur untuk merek Anda.

Baik diselenggarakan atau dihadiri oleh perusahaan Anda, acara juga merupakan peluang penjualan yang penting. Acara memberi Anda kesempatan untuk bertemu calon pelanggan dan menyenangkan pelanggan saat ini secara langsung.

Keterlibatan berbicara di acara juga bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran merek dan berbagi kepemimpinan pemikiran unik atau informasi berbasis data yang dapat membantu meningkatkan merek Anda.

2. Hubungan Masyarakat


Hubungan masyarakat mengacu pada membangun hubungan positif dengan komunitas lokal di sekitar bisnis Anda.

Ini dapat mencakup kegiatan amal, donasi, diskon khusus, atau apa pun yang membangun hubungan yang kuat dengan komunitas dan memperkuat loyalitas pelanggan.

3. Tanggung Jawab Perusahaan dan Sosial


Tanggung jawab perusahaan dan sosial mirip dengan hubungan masyarakat, tetapi lebih menekankan pada praktik bisnis yang etis, tanggung jawab lingkungan, dan filantropi — secara lokal, regional, dan global. Ini adalah area PR yang penting karena secara langsung memengaruhi persepsi publik terhadap merek Anda.

4. Manajemen Krisis


Manajemen krisis adalah praktik mengakui, mengelola, dan bekerja untuk membalikkan komunikasi dan persepsi negatif seputar krisis bisnis. PR biasanya menangani apa pun yang dapat membahayakan atau merusak reputasi merek Anda.

Kelola, rencanakan, dan komunikasikan selama krisis perusahaan Anda dengan kit komunikasi manajemen krisis gratis ini.

Manajemen krisis adalah fungsi PR yang penting dan harus ditangani dengan cepat, konsisten, dan strategis. Dengan alat PR tertentu , Anda dapat menghindari krisis melalui pemantauan obrolan online dan pemeriksaan kualitas materi pemasaran atau promosi apa pun yang mungkin disalahpahami atau disalahartikan.

5. Ancaman Siber di Dunia Maya


Hanya 41% bisnis AS yang memiliki rencana aktif untuk intelijen ancaman. Tetapi keamanan dunia maya termasuk dalam lima risiko global teratas dalam Laporan Risiko 2021 Forum Ekonomi Dunia.

Selain tantangan finansial yang ditimbulkan oleh serangan siber, ada juga tantangan persepsi. Hal ini dapat merusak reputasi merek jika tidak ditangani dengan terampil.

Isu-isu ini akan membutuhkan keahlian manajemen krisis PR. Ini juga merupakan ide bagus untuk membangun hubungan dengan pakar teknologi dan pemimpin pemikiran di industri ini. Ini dapat memberi Anda keahlian yang Anda butuhkan untuk membatasi dampak reputasi dari serangan yang semakin sering ini.

6. Hubungan Karyawan


Hubungan karyawan, juga dikenal sebagai PR internal, adalah praktik berkomunikasi dengan dan menumbuhkan persepsi karyawan yang positif terhadap perusahaan Anda.

Proses ini dapat mencakup buletin atau komunikasi khusus karyawan, tunjangan dan bonus karyawan, pelatihan gratis dan peluang peningkatan keterampilan, acara penghargaan karyawan, dan bekerja dengan serikat pekerja atau kelompok karyawan.

Hubungan karyawan tidak hanya membuat karyawan Anda termotivasi, pekerja keras, dan loyal, tetapi juga mendorong mereka untuk mengadvokasi bisnis Anda — yang dapat mendatangkan pelanggan dan lebih banyak menghasilkan karyawan berkualitas tinggi.

7. Hubungan Influencer


influencer media sosial

Influencer memainkan peran yang kuat dalam PR dan pemasaran. Menurut Statista, pasar influencer bernilai 13,8 miliar pada tahun 2021, lebih dari dua kali lipat nilainya pada tahun 2019. Itu termasuk mikro dan nano-influencer, yang mewakili lebih dari 60% influencer Instagram.

Di banyak bisnis, tim hubungan masyarakat juga mengelola hubungan influencer. Terkadang tim pemasaran, media sosial, dan PR berbagi tanggung jawab ini. Dibutuhkan kerja keras dan pengalaman untuk berkolaborasi secara kreatif dengan setiap influencer untuk memastikan merek Anda mendapatkan hasil yang diinginkan dari otoritasnya.

8. Hubungan Media


Hubungan media mengacu pada membangun hubungan positif dengan jurnalis, publikasi, dan outlet berita lainnya.

Proses ini biasanya mencakup penulisan siaran pers, pengorganisasian siaran pers, dan penjadwalan wawancara. Ini tidak hanya mendapatkan eksposur untuk bisnis dan produk Anda, tetapi juga mendorong media untuk memasarkan merek Anda secara gratis.

9. Pemasaran Media Sosial


Media sosial dapat menjadi taktik PR yang diperoleh dan dibayar.

Bagi sebagian besar perusahaan, media sosial dapat menjadi alat PR (dan pemasaran) yang berguna—ini adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan pengikut, mengonversi pelanggan, membagikan konten Anda, dan menyelesaikan krisis.

Baik Anda berbagi postingan dengan audiens atau berinteraksi dengan satu pelanggan, aktivitas media sosial Anda terbuka untuk umum. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki strategi media sosial yang menjaga komunikasi Anda tetap konsisten, positif, dan akurat.

Sekarang, mari kita bicara tentang siapa yang bertanggung jawab atas berbagai jenis PR ini: manajer hubungan masyarakat Anda.

Apa yang dilakukan seorang manajer hubungan masyarakat?


Manajer PR bertanggung jawab untuk membangun, melaksanakan, dan memantau strategi dan taktik PR Anda. Mereka biasanya menangani komunikasi krisis, menulis siaran pers, dan memimpin tim profesional PR lainnya yang mengelola kehadiran publik merek Anda. Anda mungkin menyewa seorang manajer hubungan masyarakat untuk menangani PR untuk bisnis Anda, atau bekerja dengan Badan PR.

Mari kita bahas keterampilan dan tugas yang akan diketahui oleh manajer PR Anda luar dalam.

1. Keterampilan Manajer Humas


Manajer PR yang sukses memiliki seperangkat keterampilan tertentu. Selain fleksibel dan terbuka untuk berubah, ini adalah beberapa keterampilan yang paling penting.

2. Komunikasi Hebat


Salah satu fokus utama PR adalah membangun reputasi bisnis Anda. Untuk melakukan ini, manajer PR menghabiskan banyak waktu membangun dan mempertahankan hubungan.

Selain berbicara tentang perusahaan Anda di acara publik, konferensi pers, dan acara lainnya, tim humas Anda juga terhubung dengan reporter, pemberi pengaruh, dan pemangku kepentingan lainnya.

Untuk alasan ini, komunikasi yang baik adalah keterampilan utama bagi manajer PR.

3. Kemampuan menulis


Manajer humas juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dalam bentuk tulisan.

Karena manajer PR bertanggung jawab untuk menulis siaran pers dan berita terkait perusahaan, keterampilan menulis yang kuat akan membantu menyampaikan pesan yang tepat untuk mempromosikan perusahaan Anda. Ini sangat berguna untuk PR online di mana Anda harus membuat posting blog, konten situs web, dan siaran pers untuk mendapatkan liputan.

4. Kreativitas


Seperti pemasaran, kreativitas berjalan jauh di dunia hubungan masyarakat. Manajer PR yang hebat kreatif dan tahu cara membuat strategi yang menonjol dari yang lain, yang penting karena cerita atau perspektif yang unik akan mendorong liputan PR.

5. Keterampilan Riset yang Kuat


Hubungan masyarakat adalah industri sosial, dan orang mungkin membicarakan merek Anda tanpa menyebutkannya secara langsung. Keterampilan riset yang baik akan membantu manajer PR menemukan dan menggunakan peluang ini.

Seorang manajer hubungan masyarakat harus mengikuti tren dan pembaruan pemasaran digital. Profesional PR tidak dapat beroperasi dalam gelembung dan harus tetap sadar akan perubahan pencarian dan media sosial agar strategi mereka berhasil.

Mereka menawarkan pengetahuan ahli dan perspektif baru untuk mempertahankan kehadiran di outlet media yang kompetitif.

Manajer PR juga perlu melakukan riset ketika merencanakan strategi PR. Karena mereka mungkin memerlukan informasi tambahan, statistik, dan poin data untuk meningkatkan kekuatan media yang mereka miliki, keterampilan riset yang kuat sangat penting.

6. Tugas Manajer Humas


Tugas sehari-hari manajer PR Anda dapat bervariasi tergantung pada industri Anda, kampanye PR aktif, ukuran tim PR , dan faktor lainnya. Namun, inilah yang sering mereka sertakan:
  • Menulis siaran pers untuk mengumumkan berita terkait perusahaan
  • Membuat lembar fakta dan kit media tentang perusahaan untuk dikirim ke tim media untuk membangun merek
  • Memberikan pelatihan media kepada tim internal dan eksternal
  • Menghadiri dan berbicara di acara industri dan mewakili merek di pameran dagang, acara perekrutan, dll
  • Menemukan dan menganalisis liputan media dan mempromosikan konten tersebut melalui saluran media yang dimiliki dan berbayar

Manajer PR juga bertanggung jawab untuk melacak dan mengukur upaya PR mereka. Indikator kinerja utama (KPI) berikut dapat membantu manajer PR Anda menganalisis dan meningkatkan strategi PR Anda.

Mulailah Membangun Strategi Hubungan Masyarakat Anda


Dengan semua taktik, alat, dan tip membangun strategi ini, apakah Anda siap untuk memulai strategi PR baru Anda? Saat Anda menggali lebih dalam, ingatlah bahwa PR adalah strategi berulang yang berkelanjutan — bukan tugas satu kali. Seperti pemasaran, perlu beberapa saat untuk melihat hasilnya.

Tetapi dengan strategi yang solid dan komitmen untuk menyebarkan berita tentang perusahaan Anda, Anda akan segera melihat lebih banyak penyebutan, tautan balik, dan desas-desus umum. Maka Anda akan siap untuk langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis Anda lebih baik.
Disclaimer: Situs Andy.web.id memberikan informasi mengenai nama bintang/model dan lagu pada suatu iklan di Indonesia. Tidak berafiliasi dengan produk-produk yang disebutkan pada setiap postingan. Jika ada Komplain atau Penghapusan tentang Isi konten, silakan kontak mimin... baca selengkapnya.