6 Peluang Usaha Tanpa Modal dengan Instagram

Di era digital dan revolusi industri 4.0 yang berbasis internet, semua gaya hidup sudah berganti menjadi serba praktis dan serba instan. Dari smart phone anda, tiap orang bisa terhubung dengan berbagai jejaring sosial dan berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus berhadapan langsung. Beberapa kurun waktu terakhir kini, yang tidak kalah bergengsi adalah sosial media IG (Instagram).

cara bisnis lewat instagram

Hampir sama dengan media sosial sebelumnya, namun ini terkesan lebih simple dan eye catching dengan tampilan gambar yang dilengkapi fitur-fitur menarik seperti boomerang, life story, status, upload foto, upload video, dll. Hampir sama sebenarnya, hanya beda design dan tampilan saja.

Peluang Usaha Pakai Instagram


Nah, jangan sampai media ig ini hanya untuk ajang unjuk penampilan, pamer teman, show off kegiatan, atau hanya corat-coret tentang kegalauan hati, buatlah akun ig-mu menjadi media yang bisa menghasilkan rupiah. Tertarik ? Maka dari itu, simaklah peluang usaha tanpa modal dengan ig berikut ini. Siapa tahu anda akan menjadi orang berkantong tebal dengan modal akun ig.

1. Jadi dropshipper


Bila anda sudah wira-wiri dan cukup aktif di akun istagram, maka tak ada salahnya anda mencoba untuk membuat akun ig khusus untuk menawarkan barang dagangan tanpa modal dengan cara menjadi dropshipper. Hal ini tentu bisa kita jadikan sebagai usaha sampingan, Dropshipper atau reseller ini peranannya hanya menjualkan kembali produk dari supplier.

Anda juga bisa mendaftarkan diri sebagai dropshipper di market place, semisal Tokopedia atau Shopee. Setelah berhasil mendaftar, baru anda pilih produk yang akan dijual, kemudian upload foto barang yang akan ditawarkan. Pastikan ulasan toko/supplier yang menyediakan barang anda itu positif dan tidak mengecewakan pelanggan.

Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan supplier. Misal supplier mematok harga Rp. 5000,- untuk sebuah kaos kaki, anda bisa menghargai di ig anda Rp. 7000,-. Buatlah harga yang reasonable agar pelanggan percaya pada produk anda.

2. Menbuat akun untuk dapat endorse atau paid-promote


Buatlah akun ig yang bisa dipakai untuk endorse atau paid-promote online shop yaitu akun ig yang bersifat publik atau akun fan-base. Akun ini biasanya berisi informasi, tips, atau akun-akun kumpulan humor. Setelah akun tersebut mempunyai banyak pengikut, anda bisa menawarkan endors, terima endorse atau paid-promote dari online shop dan dari pihak brand produk tertentu.

3. Jadi selebgram


Menjadi itchasers atau selebgram, anda harus berani tampil dan cukup percaya diri. Pastikan segala hal yang anda tampilkan unik, menarik, kalau perlu tematik. Buatlah konsep akan jadi selebgram seperti apakah anda, apakah yang akan mengetengahkan gaya hidup, hiburan, kuliner, humor, pendidikan, olah raga, dll. Yang jelas tampilan anda harus bisa mempengaruhi banyak orang, unik, menarik dan menginspirasi.

4. Jual jasa via Instagram


Bila anda mempunyai keahlian tertentu, semisal percetakan, sablon, jasa reparasi, guru les privat/ les musik, jasa penulisan atau penterjemah bahasa asing , dan lain-lain, anda bisa mempromosikan jasa dan keahlian anda di instagram. Sertakan penggalan kata yang menarik untuk memperkenalkan jasa anda. Bisa dalam bentuk pantun, puisi, quote, dan lain-lain. Anda juga bisa menampilkan tutorial singkat tentang keahlian anda, agar para calon pelanggan semakin percaya dan tertarik dengan kesungguhan kemampuan yang anda miliki.

5. Berjualan Foto di Instagram


Jika anda sangat menyukai fotografi, anda bisa menyalurkan hobi untuk memotret dan menjual hasil jepretan anda di instagram. Butuh foto yang spektakuler, unik, tematik, menyentuh hati, dan langka. Foto-foto artistik juga sangat diminati oleh sebagian pengguna media ig. Namun perlu waspada, untuk melindungi karya anda bubuhkanlah watermark di dalamnya, sehingga tidak bisa di-claim atau di dibajak oleh pihak manapun.

6. Kuliner dan Wisata


Jika anda gemar menyantap hidangan enak dan sekaligus mengunjungi tempat wisata tertentu, ada baiknya anda foto tempat tersebut dalam angle yang pas dan menarik kemudian unggahlah tiap anda makan di sebuah warung makan dan lokasi wisata tersebut. Sertakan pula alamat, tempat, dan lokasi persisnya.


Dengan semakin sering anda mengunggah makanan yang kelihatan lezat atau tempat wisata yang kelihatan fantastis, pastinya banyak pengguna akun yang makin tertarik untuk melihat aktifitas kuliner dan wisata anda. Maka makin banyak pula follower yang akan berdatangan ke akun ig anda. Nah, semakin banyaknya follower, anda bisa mengajukan sebagai jasa promo via ig ke resto tersebut.

Itu dia, beberapa peluang usaha tanpa modal dengan ig yang bisa anda jadikan ide untuk menghasilkan pendapat tanpa modal dan cenderung lebih mudah.

Comments

Loading...