Hujan Masih Turun, Ini Tips Touring Motor Matic Jarak Jauh yang Aman

Meski seharusnya sekarang sudah masuk musim kemarau, tapi ternyata hingga sekarang hujan masih sering turun. Nah, bagi penggemar touring motor matic juga menemukan banyak kendala saat akan melaksanakan kegiatan ini. Namun, dengan persiapan motor matic untuk touring yang matang, touring di saat hujan masih turun bisa memungkinkan. Tentu saja, dengan memperhatikan tips di bawah ini akan sangat membantu sekali untuk kamu, brads.

motor matic touring musim hujan

Touring motor biasanya akan dilaksanakan pada waktu tertentu dan juga jaraknya biasanya akan jauh. Di mana musim hujan sendiri bisa dikatakan sebagai waktu yang tidak tepat untuk touring apalagi dengan menggunakan motor matic. Tapi, bukan berarti tidak mungkin karena selama kamu memperhatikan tips yang ada di bawah ini, maka, brads, bisa tetap touring meski hujan turun:

1. Perhatikan Kondisi Ban


Ketika kamu ingin touring dengan motor matic di musim hujan, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi ban. Kamu pasti tahu, kan, bahwa ban mempunyai peranan penting terhadap kinerja motor. Di mana kamu harus bisa memperhatikan apakah ban masih dalam keadaan yang baik atau perlu diganti. Jika ban dari motor ternyata sudah aus, lebih baik segera diganti agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan saat sedang touring.

2. Cek Kondisi dari Rem


Selain ban motor, bagian lainnya yang harus dicek adalah rem. Tentu saja, kamu juga sangat paham bagaimana rem memegang peranan penting pada saat motor dikendarai. Baik itu untuk perjalanan jarak pendek dan jauh pun rem sangatlah penting sekali untuk kamu perhatikan, brads. Pastikan bahwa rem masih memiliki kondisi yang sangat baik dan jika memang perlu diganti segera saja diganti sebelum melakukan touring.

3. Memasang Aksesoris Tambahan


pelindung depan bebas angin dan hujan motor PCX Honda
pelindung depan bebas angin dan hujan motor PCX 2023 Honda
sumber gambar: astra-honda.com

Jika memang diperlukan tidak ada salahnya, kok, memasang aksesoris tambahan yang dapat mendukung perjalanan atau touring di saat musim hujan. Misalnya adalah pelindung angin yang mampu membantu menghalangi angin dan debu bahkan mengurangi hempasan air hujan. Jadinya perjalanan saat touring akan lebih mudah dan aman.

4. Bawa Jas Hujan dan Jaket


Tips terakhir agar touring jarak jauh bisa berjalan aman dan nyaman saat musim hujan adalah dengan memastikan untuk membawa jas hujan dan juga jaket. Karena sudah pasti kamu perlu menghindari terkena air terlalu banyak. Hal ini sendiri sangatlah penting agar perjalanan jauh lebih aman dan tidak kedinginan, brads.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk touring motor matic jarak jauh di saat hujan masih sering turun. Jika kamu mencari teman touring yang pakai motor matic, maka bergabunglah dengan Suryanation Motorland Riders yang merupakan komunitas motor terbesar yang ada di Indonesia sekarang ini.
Disclaimer: Situs Andy.web.id memberikan informasi mengenai nama bintang/model dan lagu pada suatu iklan di Indonesia. Tidak berafiliasi dengan produk-produk yang disebutkan pada setiap postingan. Jika ada Komplain atau Penghapusan tentang Isi konten, silakan kontak mimin... baca selengkapnya.